Kraksaan 2018, dalam rangka mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, pada hari kamis 8 Pebruari 2018 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan Sosialisasi Persampahan bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Kraksaan.

Hadir dalam acara sosialisasi sebanyak kurang lebih 25 orang peserta, terdiri dari unsur Desa/Kelurahan se Kecamatan Kraksaan, yakni 18 Desa dan 5 Kelurahan. Para peserta cukup antusias mengikuti jalannya Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Camat Kraksaan diwakili Sekretaris Kecamatan Kraksaan.

Sekcam dalam sambutannya, menyampaikan bahwa dengan diadakannya sosialisasi persampahan ini diharapkan masyarakat akan lebih memahami tentang pentingnya pengelolaan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan sehingga dapat membangun kebersihan dan kepedulian terhadap pengelolaan lingkungan disekitar dalam rangka mewujudkan Lingkungan Bersih, Teduh dan Indah (Liberti).

Adapun materi – materi yang disampaikan terkait dengan pemahaman tentang pengelolaan sampah dan perlunya menjaga kebersihan lingkungan, antara lain Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 Pengelolaan Sampah dan Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor 03 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah. Materi disampaikan oleh Kabid Pengelolaan Sampah  dan Kabid Pemeliharaan Lingkungan Hidup.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup melalui Kabid Pengelolaan Sampah Drs. Sentor Triadi S, M.Si bahwa kegiatan sosialisasi persampahan ini adalah merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2018 yang puncak peringatan setiap tahunnya jatuh pada tanggal 21 Pebruari.

Kegiatan hari peduli sampah ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota bersama dengan masyarakat membangun gerakan bersih sampah dan lingkungan. Berdasarkan Surat Edaran MenLHK, kegiatan Hari Peduli Sampah dimulai pada tanggal 21 Januari s/d 21 April 2018 dengan agenda Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS).

Pada kesempatan tersebut Sentot juga menambahkan bahwa Pemerintah akan melakukan penilaian penyelenggaraan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang dikaitkan dengan program Penilaian Penghargaan Adipura 2018. Adapun tema Hari Peduli Sampah Nasional Tahun ini adalah “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah.”

Melalui kegiatan sosialisasi diharapkan masyarakat lebih mengetahui manfaat dari pengelolaan persampahan dan berperan aktif dalam pengelolaan sampah secara baik dan benar, dan demi tercapainya Kabupaten Probolinggo menjadi Kabupaten Liberti (Lingkungan Bersih, Teduh dan Indah). (Bid PSampah 9/2 18)