Sukapura 2018, Gelaran event yang bertajuk Bromo Go Healthy and Clean 2018 pada tanggal 25 dan 26 Juli 2018 oleh Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) bersama CSR PLTU Paiton PT. POMI – Paiton Energi di kawasan wisata Bromo Desa Cemorolawang Kecamatan Sukapura berlangsung meriah.

          Pada hari kedua penyelenggaraan event, dilaksanakan rangkaian kegiatan aksi sapu gunung atau bersih-bersih sampah di area lautan pasir kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Suatu bentuk kegiatan peduli lingkungan sebagaimana ajakan pada tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2018, ayo “ Kendalikan Sampah Plastik “ atau “ Beat Plastic Pollution” .

              Seremonial acara Bromo Go Healthy and Clean 2018 dipusatkan di pelataran Rest area Cemorolawang, dibuka oleh PJ Bupati Probolinggo yang diwakili oleh Pelaksana Harian Sekeretaris Daerah dengan dihadiri para pejabat perangkat daerah terakit, komunitas pemerhati lingkungan, siswa siswi sekolah, dan masyarakat sekitar lokasi.

         Usai membuka acara, Pelaksana Harian Sekeretaris Daerah menyerahkan penghargaan dan hadiah dari berbagai lomba yang diselenggarakan di hari sebelumnya, termasuk lomba LIBERTI (Lingkungan Bersih Teduh dan Indah) yang penilainnya telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui DLH pada bulan April 2018 terhadap Pemerintah Kecamatan. Selanjutnya pada ceremonial pembukaan juga diisi peragaan pembuatan Ecobrick oleh komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo dan komunitas trainer ecobrick Jawa Timur serta komunitas Sobat Bumi. Ecobrick pada intinya adalah pemanfaatan sampah, berupa sampah plastik botol bekas yang diisi dengan sampah plastik yang dipadatkan hingga keras. Selanjutnya solidifikasi sampah tersebut dapat digunakan sebagai bahan atau berbagai produk yang bermanfaat, seperti bahan bangunan, furniture dan lain-lain.

         Sebagai pamungkas rangkaian acara, dilanjutkan dengan kegiatan pungut sampah mulai dari pelataran rest area Cemorolawang menyusuri jalur kendaraan wisatawan sampai dengan monumen lautan pasir Gunung Bromo.

          Dalam acara ini DLH mensuport beberapa armada pengangkut sampah baik berupa truk maupun pick up, peralatan kebersihan serta menerjunkan karyawan dan petugas kebersihan berjumlah kurang lebih 30 orang. Kegiatan ini diakhiri dengan menimbang semua sampah yang terkumpul untuk selanjutnya diangkut menuju TPA Seboro.

Hal yang tak kalah menarik pada kegiatan aksi lingkungan ini, ternyata beberapa pengunjung turis manca negara di Bromo ada yang bersimpati dan ikut serta melakukan aksi pungut sampah di laut pasir Bromo. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk mewujudkan lingkungan yang bersih di kawasan Bromo selanjutnya.

Terima kasih Komunitas Bank Sampah, Sahabat Bumi, Tagana dan perorangan lainnya. Ayo terus gelorakan semangat kepedulian terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan. (Bid.PengSampah 1/8/18).