Dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Corona Virus Disease (COVID-19), seluruh taman dan hutan kota di Kabupaten Probolinggo ditutup sementara mulai tanggal 3 Juli 2021 sampai dengan tanggal 20 Juli 2021.

Lokasi yang ditutup antara lain Hutan Kota Kraksaan, Alun-alun Kraksaan, Taman Sumberlele (SL Park), dan taman di Stadion Gelora Merdeka. Adapun kebijakan ini mengacu pada Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/379/KPTS/013/2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease (COVID-19) di Jawa Timur.

Keputusan Gubernur tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 tentang tentang PPKM Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Dalam Instruksi Mendagri dan Keputusan Gubernur tersebut dijelaskan bahwa penerapan PPKM Darurat COVID-19 salah satunya dilakukan dengan penutupan sementara fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya).

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kerumunan di tempat umum sebagai upaya menekan laju penularan virus Covid-19, yang pada saat ini kasusnya mengalami peningkatan.
Selama penutupan akan dilakukan pembersihan dan perawatan rutin pada taman dan hutan kota, agar tetap terjaga kebersihan dan keindahannya.

#PPKMDaruratCegahCovid