Dalam rangka peningkatan kapasitas anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru se-Jawa Timur, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jatim akan mengadakan pembinaan pada tanggal 7 s/d 10 Juni 2021.

Pembinaan Saka Kalpataru bertempat di 6 kabupaten/kota di Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Magetan dan Kota Mojokerto. Pembinaan di Kabupaten Probolinggo akan diselenggarakan pada Senin (07/06/21).

Untuk mempersiapkan pelaksanaan acara tersebut, DLH Kabupaten Probolinggo mengadakan rapat koordinasi di ruang pertemuan DLH pada Rabu (03/06/21).

Rakor ini dipimpin oleh Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Drs. Dwijoko Nurjayadi, MM dan dihadiri oleh 7 orang peserta dari Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Majelis Pembimbing Saka (Mabisaka) dan Pengurus Pimpinan Saka (Pinsaka) Kalpataru.

Saka Kalpataru adalah salah satu saka yang dibentuk atas kerjasama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Kementerian Lingkungan Hidup, yang khusus bergerak dalam kegiatan lingkungan hidup.

Seperti Saka lainnya, anggota Saka Kalpataru juga dikelompokkan dalam krida-krida yang mengkhususkan pada materi tertentu. Krida dalam Saka Kalpataru terdiri atas Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle), Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Krida Perubahan Iklim.

Saka Kalpataru Kabupaten Probolinggo terbentuk sejak tahun 2016, dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. Anggota Saka Kalpataru merupakan pramuka golongan Penegak dan Pandega (usia 16-25 tahun).

Sedangkan untuk Mabisaka dan Pinsaka Kalpataru Kwartir Cabang Probolinggo, dipilih dari unsur Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo.