Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 yang dilaksanakan di Taman Rekreasi Sengkaling, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang pada Selasa (18/02/20).

Dalam acara ini diperkenalkan Gerakan Sebar Inovasi Daur ulang dan Olah Sampah Jawa Timur (Sidowati) untuk masyarakat dan kader lingkungan Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara dan memberikan sambutan peringatan dalam acara ini. Mengambil tema “Indonesia Bersih untuk Indonesia Maju”, HPSN diharapkan dapat menjadi inspirasi masyarakat untuk melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah.

Didampingi Kepala DLH Provinsi Jawa Timur, Rektor UMM, Forkopimda dan instansi terkait, Gubernur Khofifah mengingatkan kepada semua pihak bahwa peringatan HPSN bukan sekedar seremoni.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah juga menyampaikan pentingnya pembangunan sumur resapan dan biopori untuk mengantisipasi banjir, terutama di kota-kota besar yang memiliki kepadatan penduduk tinggi. Gubernur Khofifah secara simbolis melakukan pembuatan lubang biopori sebagai bentuk upaya konservasi air.

“Nantinya setiap pendirian bangunan di masing-masing wilayah di Jatim harus memiliki lubang resapan biopori atau sumur resapan. Setiap Pemerintah Daerah di wilayah Jatim diminta untuk memberikan persyaratan khusus dalam pemberian IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Ketika mereka membangun dengan sekian luasan lahan, maka syaratnya harus ada lubang biopori tertentu,” jelasnya.

Acara peringatan HPSN Tahun 2020 ini dihadiri oleh perwakilan dari DLH Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan kader Desa/Kelurahan Bersih dan Lestari (Berseri) di masing-masing Kabupaten/Kota.

Hadir dalam acara ini Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Zaenal Ansori beserta staf.

Dalam acara tersebut dilakukan pula penyerahan penghargaan secara simbolis dari CSR PT. POMI – Paiton Energy kepada kader desa/kelurahan berseri Kabupaten Probolinggo.

Hadiah berupa 100 tong sampah terpilah, 150 tong sampah, 30 drum composter, 1 trolly untuk Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo, MTsN 1 Probolinggo dan Sanggar hijau. Penyerahan dilakukan oleh Kepala DLH Provinsi Jawa Timur, Diah Susilowati didampingi oleh Kepala DLH Kabupaten Probolinggo dan disaksikan oleh Manager CSR PT. POMI – Paiton Energy, Bambang Jiwantoro.

#HPSN