Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 dan Harlah ke-95 Nahdlatul Ulama (NU), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PCNU Kota Kraksaan bersama stakeholder mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman bibit cemara laut di area Pantai Grinting, Desa Karanganyar Kecamatan Paiton pada Minggu pagi (21/02/21).

Kegiatan ini dimulai pukul 07.30, diikuti oleh sekitar 200 peserta dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo, Badan Kemaritiman Nahdlatul Ulama (BKNU), Gerakan Pemuda Ansor, Banser, Pagar Nusa PCNU Kota Kraksaan, Karang taruna Desa Karanganyar, Wushu, dan masyarakat sekitar.

Dari DLH Kabupaten Probolinggo hadir dalam acara ini Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Zaenal Ansori didampingi oleh Kepala Seksi Pengurangan dan Pemanfaatan Sampah, Subiono beserta staf.

Kegiatan bersih-bersih pantai dan tanam pohon ini selain untuk mendukung rangkaian kegiatan HPSN 2021, juga sebagai upaya pelestarian lingkungan terutama ekosistem pantai, sekaligus untuk antisipasi bencana alam seperti abrasi, tsunami, intrusi air laut dan perubahan iklim.

Pembersihan pantai dilakukan dengan memungut sampah yang ada di pesisir pantai dan dilanjutkan dengan penanaman bibit cemara laut. Bibit cemara laut yang ditanam di Pantai Grinting ini merupakan support dari BKNU Kabupaten Probolinggo.

Pada aksi bersih-bersih pantai tersebut, sampah yang terkumpul sekitar 300 Kg. Sampah kemudian diangkut oleh truck pengangkut sampah DLH menuju Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Seboroh Kecamatan Krejengan.

#HPSN2021