Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia (HAS) yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2021, Komunitas Cemara Bumi Lestari bersama stakeholder mengadakan kegiatan penanaman pohon di area Bukit Kembang dan sumber mata air Sendang Lawe, Desa Sapih Kecamatan Lumbang pada Sabtu pagi (20/03/21).

Komunitas Cemara Bumi Lestari merupakan komunitas pecinta lingkungan yang dikoordinatori oleh Sumianto, dengan basecamp berada di Dusun Puncaksari Desa Sapih Kecamatan Lumbang.

Kegiatan penanaman pohon dimulai pukul 07.00 dan diikuti oleh sekitar 100 orang peserta, di antaranya dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata, dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo, Forkopimka Lumbang, Babinsa, Polisi Kehutanan, Perhutani, perangkat Desa dan masyarakat sekitar.

Dari DLH Kabupaten Probolinggo, hadir dalam acara ini Sekretaris DLH, Asep Chairul Saleh beserta staf.
Bibit yang ditanam sejumlah 3.000 bibit pohon berasal dari swadaya masyarakat, terdiri dari beberapa jenis antara lain Cemara, Eukaliptus, Kecubung, dan Akasia. Jenis-jenis tanaman ini bersifat cepat tumbuh (fast growing) dan dapat bertahan hidup pada musim kering.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu upaya pelestarian lingkungan pada sumber mata air di kawasan perbatasan Probolinggo – Pasuruan, sekaligus juga sebagai upaya antisipasi bencana alam seperti banjir, erosi dan tanah longsor.

Pohon dapat membantu meningkatkan resapan air dalam tanah dan sistem perakarannya mampu menjaga kontinuitas aliran pada mata air.

Pohon juga berperan dalam mengurangi tingkat polusi air. Dengan menanam pohon, kualitas, kuantitas serta kontinuitas aliran air dapat terpenuhi dan kelestarian mata air tetap terjaga.

#WorldWaterDay
#HariAirSedunia
#Water2me