Dringu, 2019. Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) merupakan upaya dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) terutama untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan kepribadian. Salah satu tujuan Diklat Aparatur Pemerintah adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika ASN sesuai dengan kebutuhan instansi. Berdasarkan tujuan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo melalui anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) menyelenggarakan Diklat manajerial/teknis laboratorium lingkungan dan diklat teknis lingkungan. Penyelenggaraan diklat ini masuk dalam kegiatan pelatihan dan/atau sertifikasi bagi tenaga teknis di bidang lingkungan yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga resmi yang diakui oleh Pemerintah tahun anggaran 2019.

Diklat manajerial laboratorium lingkungan telah diselenggarakan sebanyak 2 kali bertempat di Ruang pertemuan DLH Kabupaten Probolinggo dengan peserta dari UPT laboratorium lingkungan DLH dan perwakilan bidang. Diklat pertama yaitu pelatihan/training pengambilan sampel (contoh uji) dan analisa kualitas udara ambien pada tanggal 15-16 April 2019 dan diklat yang kedua yaitu pelatihan Pemahaman ISO/IEC 17025:2017 yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 April 2019. ISO/IEC 17025 adalah standar utama persyaratan kompetensi untuk laboratorium pengujian dan kalibrasi. Komite Akreditasi Nasional (KAN) menetapkan dan memberlakukan ISO/IEC 17025:2017 sebagai persyaratan akreditasi laboratorium oleh KAN.

Untuk diklat teknis lingkungan yang dianggarkan melalui DBHCHT, direncanakan sebanyak 5 paket. Menurut Kasubag Umum dan Kepegawaian DLH, Efi Jubaida, peserta diklat teknis akan dikirim ke lembaga penyelenggara diklat sesuai dengan agenda diklat yang akan diikuti, antara lain: diklat pengelolaan sampah, dasar-dasar Amdal, KLHS Rencana Tata Ruang, Pengelolaan B3 dan Limbah B3. Diklat yang telah selesai diikuti yaitu pelatihan pengelolaan sampah yang diadakan oleh Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada tanggal 8-11 April 2019. (Sekretariat 14/05/19)