Kegiatan penyapuan dan pengangkutan sampah jalan umum dilaksanakan secara rutin oleh Bidang Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo.

Petugas kebersihan melakukan penyapuan di sepanjang ruas jalan yang telah ditentukan, kemudian sampah hasil penyapuan dikumpulkan di titik-titik tertentu.

Sampah yang telah terkumpul diangkut oleh kendaraan roda tiga menuju Tempat Penampungan Sementara (TPS) atau container sampah terdekat.

Pengangkutan sampah dari TPS ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dilakukan dengan dump truck. Sedangkan untuk container sampah, diangkut menggunakan armroll truck.

Target utama dalam penanganan sampah kota adalah berkurangnya volume sampah yang diangkut dan dibuang ke TPA, serta meningkatnya jumlah sampah yang diolah mulai dari sumber sampai TPA.

Masyarakat diharapkan dapat berperan serta dalam pengelolaan sampah dengan menerapkan sistem 3R (Reduce, Reuse dan Recycle). Kegiatan 3R atau batasi sampah, guna ulang sampah dan daur ulang sampah adalah segala aktivitas mengurangi sampah, penggunaan kembali sampah yang layak pakai untuk fungsi yang sama atau fungsi yang lain, dan kegiatan mengolah sampah untuk dijadikan produk baru.

Contoh penerapan 3R di antaranya, menghindari pemakaian barang sekali pakai, sampah anorganik diubah menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat, misalnya ecobrick, tempat bunga, atau hiasan dinding. Sedangkan untuk sampah organik dapat  diolah menjadi pupuk kompos.