Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan Anugerah PROPER Tahun 2020 kepada 32 perusahaan dengan peringkat PROPER Emas di Jakarta, pada Senin (14/12/20). Di saat yang sama juga diumumkan penghargaan peringkat HIJAU untuk 125 perusahaan.

PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup) adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada perusahaan yang berhasil meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan. Tahun ini, pada penilaian PROPER ditambahkan kriteria sensitifitas dan daya tanggap perusahaan terhadap kebencanaan dalam penilaian aspek pemberdayaan masyarakat.

Penilaian PROPER periode 2019–2020 diikuti oleh 2.038 perusahaan. Berdasarkan evaluasi Tim Teknis dan pertimbangan Dewan Pertimbangan PROPER, ditetapkan peraih peringkat Emas sebanyak 32 perusahaan, Hijau 125 perusahaan, Biru 1.629 perusahaan, Merah 233 perusahaan, Hitam 2 perusahaan, 16 perusahaan tidak masuk peringkat karena tidak beroperasi dan 1 perusahaan sedang dalam penegakan hukum.

Urutan peringkat ketaatan yaitu Peringkat Biru untuk perusahaan yang telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan. Peringkat Merah untuk perusahaan yang upaya pengelolaan lingkungan hidupnya tidak sesuai dengan persyaratan dalam Peraturan Perundang-Undangan.

Peringkat Hitam diberikan untuk perusahaan yang sengaja melakukan perbuatan atau melakukan kelalaian yang mengakibatkan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup serta pelanggaran terhadap Peraturan Perundang-Undangan atau tidak melaksanakan sanksi administrasi.

Untuk peserta penilaian kinerja yang melebihi ketaatan diberikan peringkat Emas dan Hijau. Peringkat Emas merupakan tingkat penganugerahan tertinggi yang menunjukkan bahwa perusahaan telah secara konsisten melakukan pengelolaan terhadap lingkungan melebihi dari yang disyaratkan.

Hasil penilaian PROPER 2019-2020 ditetapkan dengan Keputusan Menteri LHK RI Nomor SK.460/MENLHK/SETJEN/KUM1/12/201920 tanggal 11 Desember 2020 tentang Hasil penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup tahun 2019–2020.

Terdapat 7 perusahaan di Kabupaten Probolinggo yang menerima Anugerah PROPER Tahun 2020, yaitu 2 perusahaan meraih Peringkat Hijau (PT. PJB UP Paiton dan PT. PJB Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan PLTU Paiton) dan 5 perusahaan memperoleh peringkat biru (PT. Jawa Power, PT. Paiton Energy, PT. Sasa Inti, PG. Gending dan PG. Wonolangan).

#Proper2020