Jakarta, 2019. Desa Bhinor Kecamatan Paiton menerima penghargaan Trophy Program Kampung Iklim (ProKlim) Tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar pada Rabu (02/10/2019) kepada Kepala Desa Bhinor Hostifawati dalam acara puncak kegiatan Festival Iklim Tahun 2019 di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan, Jakarta.

Mewakili Bupati Probolinggo, hadir dalam acara ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari didampingi oleh Sentot Triadi Sugiharto selaku Kepala Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup dan Kepala Seksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim, Sutopo.

Sebelum acara penyerahan penghargaan, dilaksanakan kegiatan Workshop Optimalisasi Dana Desa untuk Pengendalian Perubahan Iklim di Hotel Century Park Jakarta, Selasa (01/10/2019) dan dilanjutkan dengan acara Festival Iklim 2019, mengambil tema “Emisi Menurun, Indonesia Maju Berketahanan Iklim”, yang dilaksanakan pada hari Rabu s/d Jumat (2-4/10/2019), bertempat di Gedung Manggala Wanabakti.

Festival Iklim 2019 dikemas dalam bentuk pemberian apresiasi kepada pelaksana dan pembina Program Kampung Iklim, pemberian penghargaan kepada penanggungjawab atau pelaksana aksi mitigasi yang sudah melakukan registrasi di Sistem Registri Nasional (SRN), pelaksanaan Launching Road Map NDC Mitigasi, talkshow, seminar dan dialog interaktif serta pelaksanaan pameran yang menampilkan hasil-hasil penelitian, best practices, teknologi, sistem, dan produk-produk serta hasil aksi yang terkait dengan pengendalian perubahan iklim dan produk hijau lainnya.

Untuk tahun 2019, tercatat 779 lokasi yang telah diregistrasi di SRN dan tersebar di 29 Provinsi yang mencakup 248 Kabupaten/Kota. Dari jumlah tersebut telah dilakukan verifikasi kepada 321 lokasi setingkat desa/kelurahan atau dusun/dukuh/RW/jorong/banjar yang telah memenuhi kriteria, dan ditetapkan 30 lokasi sebagai ProKlim Utama, dan 2 lokasi yang masuk kategori ProKlim Lestari.

Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang menerima penghargaan trophy, sertifikat ataupun insentif ProKlim Utama Tahun 2019, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kota Blitar dan Kota Malang.

Program Kampung Iklim adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Kategori ProKlim ditetapkan berdasarkan nilai akhir ProKlim, yang merupakan hasil perhitungan nilai komponen kegiatan adaptasi, mitigasi dan dukungan keberlanjutan. Apabila persentase nilai akhir ProKlim mencapai 50%, maka masuk dalam kategori ProKlim Pratama, sedangkan untuk persentase nilai akhir antara 51–80% ditetapkan sebagai ProKlim Madya. Nominasi ProKlim Utama ditetapkan dalam hal persentase nilai akhir ProKlim di atas 81%. Nominasi ProKlim Lestari ditetapkan dalam hal usulan ProKlim telah mendapat penghargaan sebagai Nominasi ProKlim Utama.

Kabupaten Probolinggo telah mengikuti Proklim sejak tahun 2017. Pada tahun 2018 Desa Bhinor Kecamatan Paiton dan Desa Watupanjang Kecamatan Krucil telah mendapatkan sertifikat ProKlim Utama. Desa Krejengan Kecamatan Krejengan dan Desa Bermi Kecamatan Krucil memperoleh sertifikat ProKlim Madya.

Pada tahun 2019, Desa Krejengan dan Desa Bermi telah berhasil mencapai ProKlim Utama. Harapan ke depan, Desa Watupanjang, Desa Krejengan dan Desa Bermi dapat meraih trophy ProKlim mengikuti jejak Desa Bhinor. (PLH)