Bank Sampah Barokallah Kecamatan Maron bersama para stakeholder mengadakan penanaman 10.000 bibit mangrove di area Pantai Bentar, Desa Curahsawo Kecamatan Gending pada Rabu pagi (12/02/20).

Kegiatan ini dimulai pukul 06.30 dan diikuti oleh sekitar 1170 peserta yang berasal dari Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo, CSR PT. POMI-Paiton Energy, PT. Sasa Inti Gending, BNI Probolinggo, Satpol Airud, Forkopimka Gending danĀ Dringu, Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Ekonomi (Impafe) UPM, sekolah Adiwiyata dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Mewakili Bupati Probolinggo, hadir dalam acara ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari yang sekaligus membuka acara penanaman 10.000 mangrove. Dalam sambutannya Kepala DLH menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah melalui DLH siap mendukung kegiatan pelestarian mangrove dengan menyediakan bibit tanaman mangrove setiap tahunnya.

Pelaksanaan penanaman bibit mangrove merupakan bagian dari upaya pelestarian keanekaragaman hayati dan konservasi ekosistem pesisir pantai. Selain untuk mencegah intrusi air laut, mangrove juga dapat mencegah erosi dan abrasi pantai, serta menjadi tempat hidup dan sebagai sumber makanan beberapa jenis satwa.

Kegiatan penanaman mangrove di Pantai Bentar ini terselenggara atas support dari CSR PT. POMI-Paiton Energy, PT. Sasa Inti Gending, BNI Probolinggo, PT. Permata Citra Nusa Gending, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Probolinggo dan DLH Kabupaten Probolinggo.