Sebagai upaya pelestarian sumber mata air dan pencegahan erosi, PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) Unit Bisnis Jasa Operasi dan Maintenance (UBJ O&M) PLTU Paiton mengadakan penanaman pohon di taman pemandian Desa Sumberkembar Kecamatan Pakuniran pada Jum’at (18/09/20).

Bibit pohon yang ditanam sebanyak 1000 batang, terdiri dari 8 jenis tanaman yaitu mahoni, alpukat, kelengkeng, jambu kristal, jambu mente, randu, asam dan lamtoro.

Kegiatan ini dihadiri oleh supervisor lingkungan dan supervisor administrasi PT. PJB UBJ O&M PLTU Paiton, Forkopimka Pakuniran, Kepala Desa se-Kecamatan Pakuniran, Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan dan Desa, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta masyarakat sekitar.

Dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo hadir Kepala Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan Taman, Himyatul Amanah beserta staf.

Kegiatan pelestarian sumber mata air ini dilakukan sebagai sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) terhadap pengelolaan lingkungan hidup dan konservasi keanekaragaman hayati.

Penanaman pohon merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah pemanasan global yang disebabkan oleh emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Pohon menyerap carbon dioksida (CO2) yang merupakan salah satu GRK dan juga menghasilkan oksigen yang sangat penting bagi makhluk hidup.

Pohon mempunyai manfaat tidak langsung, yaitu menjaga ketersediaan air tanah, mencegah erosi dan pembersih udara yang efektif, sedangkan manfaat langsungnya berupa hasil kayu, daun, bunga dan buahnya.
Dengan penanaman pohon ini, diharapkan nantinya masyarakat sekitar akan memperoleh banyak manfaat, baik manfaat langsung maupun tidak langsung.