Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada Pangkalan Puskesmas Gending menyelenggarakan Latihan Gabungan (Latgab) antar saka yaitu Saka Bakti Husada, Saka Kalpataru, Saka Wanabakti dan Saka Bahari pada Sabtu pagi (08/08/20).
Kegiatan yang dilakukan dalam Latgab tersebut yaitu penanaman 1000 bibit mangrove di pantai muara Gending, diikuti oleh sekitar 25 peserta yang terdiri dari pembina pramuka dan anggota saka.
Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal diarahkan pada pendidikan dan pembinaan mental, fisik, pengetahuan dan ketrampilan. Untuk menunjang hal tersebut, dibentuklah Gugus Depan (Gudep) dan Satuan Karya Pramuka (Saka).
Saka secara nasional diberi nama sesuai dengan bidangnya, di antaranya Saka Bakti Husada untuk bidang kesehatan, Saka Kalpataru untuk bidang lingkungan hidup, Saka Wanabakti untuk bidang kehutanan dan Saka Bahari untuk bidang kelautan.
Saka Kalpataru adalah salah satu saka yang khusus bergerak dalam bidang lingkungan hidup yang menekankan pada isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati.
Majelis Pembimbing (Mabi Saka) dan Pimpinan Saka Kalpataru Kwartir Cabang Probolinggo dipilih dari unsur Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo.
Latihan gabungan merupakan kegiatan rutin saka sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi sekaligus melaksanakan bakti yang nyata dan produktif sesuai dengan bidangnya.
Pelaksanaan penanaman mangrove merupakan bentuk dukungan Gerakan Pramuka dalam menjaga kelestarian alam dan melindungi keanekaragaman hayati.