Dalam rangka memperingati hari pahlawan, PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) Unit Bisnis Jasa Operasi dan Maintenance (UBJOM) PLTU Paiton 9 mengadakan penanaman 500 bibit mangrove serta Coastal Clean Up (CCU) atau bersih-bersih pantai di area mangrove pada Selasa (19/11/19). Lokasi penanaman dan CCU berada di sebelah barat outfall condensor PT. PJB UBJOM PLTU Paiton 9, Desa Bhinor Kecamatan Paiton.

Mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup Sentot Triadi Sugiharto didampingi Kepala Seksi Pengurangan dan Pemanfaatan Sampah, Subiono. Kabid Pemeliharaan LH dalam sambutannya menyampaikan pentingnya keberadaan mangrove bagi masyarakat sekitar yang sebagian besar nelayan, baik sebagai penunjang ekosistem pantai maupun sebagai pencegah erosi dan abrasi pantai.

Pelaksanaan penanaman bibit mangrove dan CCU merupakan bagian dari upaya pelestarian keanekaragaman hayati dan konservasi ekosistem pesisir pantai. Hal ini merupakan wujud tanggung jawab perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap pengelolaan lingkungan hidup dan pelestarian lingkungan. Turut hadir dalam kegiatan ini manajemen dan karyawan PT. PJB UBJOM PLTU Paiton 9, Kepala Desa Bhinor, dan siswa SDN Bhinor.

Desa Bhinor merupakan lokasi prioritas (ring 1) pelaksanaan Program CSR PLTU Paiton, mengingat desa ini menjadi lokasi berdirinya PLTU dan terkena dampak langsung operasional perusahaan. CSR diwujudkan dalam pengembangan masyarakat sekitar dan pelestarian lingkungan hidup.

Banyak prestasi yang diraih oleh Desa Bhinor, salah satunya adalah penghargaan tingkat Nasional berupa Trophy Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang diberikan bagi daerah yang berhasil melaksanakan aksi lokal untuk peningkatan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).