Kraksaan 2018, Kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lalin) pada Kamis dini hari 1 maret 2018 di Jalan Panglima Sudirman Kraksaan atau tepatnya timur dealer Sepeda Motor Yamaha, menambah panjang pekerjaaan PR para petugas perawatan taman dibawah naungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo yang terdampak akibat kejadian kecelakaan tersebut. Meskipun tidak ada korban meninggal pada kejadian tabrakan antara Bus AKAS dan Truk tersebut, namun Taman Batas Kota yang diterobos Bus yang bertabrakan telah merusak bangunan taman Batas Kota dengan kondisi yang lumayan parah sepanjang kuran lebih 4 m, termasuk kebedaan pot besar juga hancur berantakan, Bus juga merusak tanaman taman dan peneduh lainnya yang telah tumbuh indah dan besar, seperti jenis palem dan tabibuya.

Kejadian laka lalin sudah ditangani oleh pihak berwenang, namun sampai dengan saat ini belum tahu pertanggungjawaban dan perhatian terkait pemulihan taman. Para Petugas taman harus berjibaku tenaga dan waktu. Belum selesai malakukan perawatan dan pemulihan Taman Aloon-Aloon, Pasar Buah Semampir, Taman BKD/Diklat di Dringu, dan Taman Kota Lainnya, sekarang harus mengantri pemulihan dan perawatan Taman Batas Kota Kraksaan.

Perbaikan taman tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat tetapi secara bertahap karena beberapa hal diantaranya keterbatasan anggaran. “Yang kami lakukan sementara untuk Taman Batas Kota Kraksaan adalah pembersihan puing-puing material bekas bangunan taman yang hacur dan pembersihan tanaman-tanaman yang rusak” demikian ungkapan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pemeliharaan dan Perawatan Taman Bedjo Rijanto, S.Sos, selanjutnya kami harus mengatur waktu dan tenaga yang ada serta kemungkinan adanya anggaran yang dapat digunakan untuk pemulihan. Semoga dapat segera tertangani dan mendapat perhatian dan dukungan dari semua pihak. (Bid. Prwt 6/3/18)