Sukapura 2018. Untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada Pemerintah Kecamatan dalam upaya mewujudkan lingkungan kantor Kecamatan yang bersih hijau dan sehat, Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah memberikan penghargaan kepada 5 Kecamatan yang dinilai memiliki perhatian dan kepedulian untuk mewujudkannya.

Kamis tanggal 26 Juli 2018 pada kesempatan seremonial yang bertajuk “Bromo go healthy and clean” di Rest Area Cemoro Lawang – Sukapura,  Pj Bupati Probolinggo yang diwakili oleh Plh Sekretaris Daerah menyerahkan hadiah berupa piagam penghargaan, tropy dan uang pembinaan kepada masing-masing Kacamatan yang meraih point tertinggi berdasarkn hasil penilaian Lomba Lingkungan Bersih Teduh dan Indah (LIBERTI) yang dilaksanakan oleh  DLH pada tanggal 16 sampai 26 April 2018 terhadap 24 Kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Adapun 5 Kecamatan peraih nilai tertinggi sebagai pemenang lomba Kecamatan LIBERTI  Tingkat Kabupaten Tahun 2018, ditetapkan sebagai berikut  :

Juara  I                       Nilai     3.333            Kecamatan Maron

Juara  II                      Nilai     3.310            Kecamatan Kotaanyar

Juara III                      Nilai     3.275            Kecamatan Pajarakan

Juara Harapan I         Nilai     3.272            Kecamatan Dringu

Juara Harapan II        Nilai     3.267            Kecamatan Banyuanyar

Komponen penilaian pada lomba tersebut meliputi Komponen lingkungan luar bangunan kantor Kecamatan, Komponen dalam kantor Kecamatan, Komponen rumah dinas, Komponen kelembagaan dan partisipasi.

Berdasarkan hasil penilaian tersebut, terjadi kejutan lompatan prestasi yang diraih Kecamatan Maron. Pada tahun 2017 sebelumnya Kecamataan Maron tidak termasuk Kecamatan yang memperoleh 5 besar nilai tertinggi. Tahun 2018 ini berhasil menggeser prestasi Kecamatan Pajarakan, Dringu dan Kota Anyar serta Kecamatan lainnya. Demikian pula Kecamatan Banyuanyar pada tahun sebelumnya tidak termasuk 5 besar, namun pada tahun 2018 ini berhasil masuk 5 besar Kecamatan peraih nilai tertinggi, yaitu Juara Harapan II

Pada lomba LIBERTI tahun 2018 ini, Kecamatan Pajarakan turun prestasinya dibanding penilaian tahun 2017, yaitu dari Juara I pada tahun 2017 menjadi  Juara III pada tahun 2018. Kecamatan Dringu juga turun dari Juara II menjadi Juara Harapan I. Sedangkan Kecamatan Kota Anyar naik prestasinya dari Juara III menjadi Juara II.

Kecamatan Gading dan Paiton yang sebelumnya meraih Juara Harapan I dan II, pada tahun 2018 ini turun tidak termasuk 5 besar.

Selamat dan Sukses … !! ( Bid.P2KLH 27/7/18).