Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo melalui Bidang Pengendalian dan Penaatan LH melaksanakan kunjungan pengawasan ke PT. Perkebunan Nusantara XI Pabrik Gula Gending pada Selasa (25/05/21).

Kunjungan ini sekaligus untuk memverifikasi permohonan perusahaan yang akan melakukan pemanfaatan air limbah domestik sebagai tambahan air baku proses.

DLH Kabupaten Probolinggo mempunyai kewenangan melaksanakan pengawasan langsung ataupun tidak langsung terhadap kegiatan yang menimbulkan dampak terhadap lingkungan hidup.

Pengawasan langsung dilaksanakan dengan cara mendatangi lokasi usaha, baik secara reguler maupun insidental.

Pengawasan reguler dilaksanakan sesuai dengan perencanaan setiap tahun, sedangkan pengawasan insidental dilakukan apabila ada indikasi pelanggaran, laporan ataupun pengaduan terkait dugaan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup.

Untuk pengawasan tidak langsung dilakukan dengan menelaah data laporan pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan, yang dikirimkan oleh perusahaan ke DLH secara periodik.

Dari hasil telaah data laporan perusahaan, apabila menunjukkan potensi pelanggaran ketaatan, maka akan segera dilakukan pengawasan langsung.