Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo membersihkan saluran air (drainase) di sepanjang jalan dan fasilitas umum di Kecamatan Kraksaan. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin oleh petugas dari Bidang Pengelolaan Sampah sebagai antisipasi terjadinya penyumbatan aliran air pada drainase.

Drainase adalah saluran air yang berfungsi untuk mengalirkan kelebihan air yang berasal dari air hujan agar tidak terjadi genangan yang berlebihan pada lokasi tertentu. Untuk mencegah penurunan fungsi drainase, perlu dilakukan pemeliharaan rutin. Minimal dengan melakukan pembersihan sampah dan pengerukan sedimen pada saluran air.

Sumbatan pada drainase akibat adanya sampah dan sedimen menyebabkan aliran air terhambat sehingga pada saat hujan tiba, terjadi luapan air dan genangan.

Petugas kebersihan turun langsung ke saluran air untuk membersihkan dan mengangkat sampah. Sampah yang masuk ke saluran air biasanya berupa sampah daun, sampah plastik kemasan makanan dan minuman. Sampah daun berasal dari tanaman sekitar, sedangkan plastik dan sampah anorganik lainnya berasal dari buangan warga masyarakat.

Sampah yang dibuang ke drainase selain dapat menghambat aliran air, juga dapat menimbulkan bau tidak sedap dan menjadi sarang penyakit.

Perlu peningkatan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama di saluran air yang dapat mencemari lingkungan dan menyebabkan banjir. Mari kita jaga kebersihan lingkungan kita, buanglah sampah pada tempatnya.

#drainase