Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) bekerja sama dengan CSR PT POMI-Paiton Energy menggelar Pelatihan Ecobrick di Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih pada Minggu pagi (08/12/19).

Acara ini dibuka oleh Camat Sumberasih, Rachmad Hidayanto dan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Sumberasih. Mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi Pengurangan danĀ Pemanfaatan Sampah, Subiono beserta staf.

Peserta pelatihan sebanyak 50 orang, terdiri dari Tim Penggerak PKK Desa, Karang Taruna dan masyarakat Desa Gili Ketapang. Materi pelatihan disampaikan oleh 2 narasumber yaitu Ketua Umum FKPS (Mirrah Samiyah) dan CSR PT. POMI-Paiton Energy (Nina Ari Wahyuni) bersama Ketua Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo (Muhammad Aziz).

Ketua Umum FKPS memberikan motivasi kepada masyarakat Desa Gili Ketapang untuk mengelola sampah secara mandiri. Sedangkan dari CSR PT. POMI-Paiton Energy menyampaikan materi tentang Plastik, Lingkungan dan Ecobrick.

Plastik adalah salah satu jenis sampah yang membutuhkan ratusan tahun untuk bisa terurai. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, disebutkan bahwa 16% dari total timbulan sampah nasional adalah sampah plastik.

Indonesia merupakan negara kedua penghasil sampah plastik di laut yaitu sebesar 1,29 Juta ton/tahun. Sampah plastik yang masuk ke lingkungan akan meracuni ekosistem kita. Yang bisa kita lakukan adalah menghindari penggunaan plastik sebisa mungkin. Gunakan bahan-bahan yang dapat terurai secara organik.

Kampanye 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) menjadi pilihan yang sederhana namun efektif untuk menekan laju penambahan sampah, khususnya sampah plastik. Namun jika penggunaan plastik tidak bisa dihindari, maka ecobrick merupakan salah satu solusi untuk mencegah sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan.

Ecobrick atau bata ramah lingkungan dapat dibuat dengan cara yang mudah dan murah. Caranya hanya dengan mengisi plastik ke dalam botol bekas hingga padat dan berat mencapai standar, menggunakan rumus: volume botol X 0,33.

Contohnya, untuk botol plastik dengan volume 600 mL, maka botol tersebut harus diisi sampah plastik sampai beratnya mencapai minimal 200 g. Ecobrick dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan atau produk furnitur sederhana seperti kursi dan meja.

#GiliKetapang
#Ecobrick