Sebagai upaya meningkatkan kapasitas desa binaan untuk mendukung Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2020, PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) Unit Pembangkitan Paiton mengadakan Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) di Balai Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron pada Rabu (26/08/20).

Acara ini diikuti oleh 5 Desa Proklim Kabupaten Probolinggo Tahun 2020 yaitu dari Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron, Desa Guyangan Kecamatan Krucil, Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan, Desa Gading Wetan Kecamatan Gading dan Desa Sebaung Kecamatan Gending. Masing-masing Desa Proklim mengirimkan 2 orang peserta.

Hadir pula dalam acara ini perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo, Kepala Seksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim, Sutopo. Peserta diberikan materi tentang budikdamber sistem aquaponik dengan instruktur dari Komunitas petani hidroponik Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan dari PT. PJB UP Paiton untuk peserta pelatihan, berupa 50 buah ember, bibit ikan lele, dan benih tanaman kangkung.

Budikdamber menggunakan media yang kecil, portabel, dan tidak membutuhkan listrik sehingga mudah dilakukan dan hemat biaya. Dengan budikdamber, beternak ikan dan menanam sayuran dapat dilakukan sekaligus dalam satu media tanpa membutuhkan lahan yang luas.

Ikan yang cocok diternak dengan teknik ini adalah ikan yang tahan terhadap kadar oksigen rendah seperti lele, patin, sepat, betok, gabus dan gurami.

Dengan adanya keterbatasan lahan dan mulai menurunnya kualitas dan kuantitas air, budikdamber bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk ketahanan pangan keluarga.