Sebagai upaya meningkatkan peran pemerintah desa/kelurahan dan masyarakat dalam pelestarian lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo menggelar Lomba Desa/Kelurahan Berseri (Bersih dan Lestari) Tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2019.

Lomba ini diikuti oleh 12 desa/kelurahan di Kabupaten Probolinggo, meliputi Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton, Desa Alaskandang Kecamatan Besuk, Desa Ketompen Kecamatan Pajarakan, Desa Brani Kulon Kecamatan Maron, Desa Kalirejo Kecamatan Dringu, Desa Jorongan Kecamatan Leces, Desa Kedungrejo Kecamatan Bantaran, Desa Pohsangit Lor Kecamatan Wonomerto, Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan, Desa Sentong Kecamatan Krejengan, Desa Dungun Kecamatan Tongas serta Desa Sumberbendo Kecamatan Sumberasih.

Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Berseri dilaksanakan mulai 26 Agustus s/d 3 September 2019, melibatkan tim juri yang berasal dari DLH Kabupaten Probolinggo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo serta CSR PT. POMI – Paiton Energy.

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Anang Budiarto menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa/kelurahan dan peran serta masyarakat dalam manajemen pelestarian lingkungan di wilayahnya sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan lestari.

“Penilaian aspek teknis dilakukan melalui kunjungan lapangan ke salah satu RW untuk melihat secara langsung kegiatan warga berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup,” tegasnya.

Program Desa/Kelurahan Berseri dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada tanggal 18 Juli 2011 bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur di Kebun Raya Purwodadi Kabupaten Pasuruan.

Kriteria penilaian lomba desa/kelurahan Berseri meliputi kelembagaan dan partisipasi masyarakat (kebijakan, program dan kelembagaan yang ada di desa/kelurahan), pengelolaan lingkungan (upaya pengelolaan sampah, penyediaan fasilitas pengolahan sampah, daur ulang sampah, pengomposan, pengelolaan sanitasi, upaya pengurangan pencemaran udara dan kemitraan dengan pihak luar dalam pengelolaan sampah dan TPS) serta pengelolaan Sumber Daya Alam (upaya konservasi/penghematan sumber daya alam, upaya penyelamatan sumber daya alam dan pemakaian teknologi ramah lingkungan).

Pemenang lomba desa/kelurahan Berseri akan mendapatkan hadiah berupa piagam penghargaan, trophy dan uang untuk 3 (tiga) pemenang lomba yaitu juara 1, 2, dan 3. Selanjutnya pemenang lomba desa/kelurahan Berseri tingkat kabupaten akan diusulkan untuk mengikuti Program Desa/Kelurahan Berseri tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2020.