Lima desa/kelurahan di Kabupaten Probolinggo meraih penghargaan Desa/Kelurahan Berseri (Bersih dan Lestari) Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2021. Kelima desa tersebut yaitu Desa Brani Kulon Kecamatan Maron untuk Kategori Pratama, Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan, Desa Sukomulyo Kecamatan Pajarakan, dan Desa Bago Kecamatan Besuk untuk Kategori Madya. Sedangkan untuk Kategori Mandiri diraih oleh Desa Krejengan Kecamatan Krejengan.

Penghargaan kepada lima desa tersebut diserahkan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur kepada perwakilan desa/kelurahan dalam acara Workshop Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Hotel Luminor Sidoarjo pada Senin (22/11/2021).

Penghargaan Desa/Kelurahan Berseri Provinsi Jatim, secara keseluruhan diberikan kepada 51 Desa/Kelurahan Kategori Pratama, 32 Desa/Kelurahan Kategori Madya dan 17 Desa/Kelurahan Kategori Mandiri.

Program Desa/Kelurahan Berseri dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jatim dengan tujuan meningkatkan kapasitas pemerintah desa/kelurahan dan peran serta masyarakat dalam manajemen pelestarian lingkungan sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan lestari. Program desa/kelurahan berseri dilaksanakan secara berjenjang, yaitu Berseri tingkat rintisan yang dibina dan diseleksi oleh kabupaten/kota dengan penilaian pada 1 RW.

Untuk tingkat Provinsi terdapat 3 kategori yaitu Berseri tingkat Pratama penilaiannya pada 2 RW, dan Berseri Tingkat Madya minimal telah mengelola 3 RW. Untuk Berseri tingkat Mandiri minimal mengelola 4 RW atau semua RW apabila pada desa/kelurahan tersebut jumlah RW kurang dari 4.

Setiap tahun Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa timur diminta untuk mengirimkan usulan calon peserta Desa/Kelurahan Berseri Tingkat Provinsi. Selanjutnya seluruh usulan calon peserta tersebut akan dinilai dan ditentukan tingkatan capaian prestasinya.

#DesaBerseri