PAITON. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019, Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo bersama relawan se-Kabupaten Probolinggo mengadakan kerja bakti bersih-bersih sampah dengan tema “Kerja Bakti Bagi Bumi” pada Minggu (27/10/19).

Acara ini dimulai pukul 06.30 dengan lokasi kerja bakti di TPS Pasar Lama Paiton dan sekitarnya. Kerja bakti diikuti oleh sekitar 350 orang berasal dari anggota Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo, Dinas Lingkungan Hidup, Muspika Paiton, pelajar dan masyarakat sekitar.

Kegiatan kerja bakti dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Paiton, dilanjutkan dengan kampanye lingkungan oleh Ketua Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo, Muhammad Azis yang menyampaikan tentang bahaya sampah plastik. Dalam kegiatan ini juga dibagikan doorprice berupa tumbler gratis kepada para relawan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ahmad Hasyim Ashari, didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Zaenal Ansori, Camat Paiton Roby Siswanto, dan CSR PT. POMI – Paiton Energy selaku pembina Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo.

Sampah yang terkumpul sebanyak 4 ton, dipilah menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik akan diproses menjadi kompos, sedangkan sampah anorganik diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA) Seboro Kecamatan Krejengan. (PS)