Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2009, tanggal 10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN). HKAN merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup di Indonesia. Penyelenggaran hari peringatan ini sebagai upaya untuk menjaga kesinambungan kegiatan konservasi alam dan memasyarakatkannya. HKAN juga memiliki tujuan untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menyelamatkan ekosistem alam.

Tema yang diusung pada HKAN Tahun 2019 ini, yaitu “Spirit Konservasi Alam Milenial” yang  bertujuan agar konservasi dapat dipahami oleh generasi muda. Karena tanggung jawab konservasi merupakan tanggung jawab bersama, meliputi pemerintah, sektor swasta dan seluruh elemen masyarakat, termasuk generasi mudanya.

Terkait dengan kegiatan konservasi alam, Dinas Lingkungan Hidup telah ikut berperan dalam kegiatan perlindungan dan pelestarian sumber daya air, pelestarian flora dan fauna serta penanaman tanaman Multi Purpose Tree Species (MPTS). MPTS adalah jenis tanaman serba guna, tidak saja menghasilkan kayu namun juga daun dan buahnya dapat digunakan sebagai bahan makanan ataupun pakan ternak.(PLH)