Dalam rangka pelaksanaan program Gerakan Pramuka Gugus Depan 15053-15054, SMP Negeri 1 Kraksaan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Anggota Baru Pasukan Elit Revolusi (PASER) di Hutan Kota Kraksaan.

Diklat diselenggarakan dalam bentuk Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami), dimulai dengan pendirian tenda pada Sabtu pagi (23/11/19) dan penutupan acara pada Minggu siang (24/11/19). Acara ini diikuti oleh sekitar 80 orang siswa. Dalam acara ini peserta belajar bekerja sama dalam kelompok yang dikemas dalam permainan dan pemenuhan Syarat Kecakapan Umum (SKU).

Pemerintah Kabupaten Probolinggo mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan hutan kota, salah satunya dengan pemanfaatan hutan kota. Sesuai Peraturan Menteri Kehutanan RI Nomor: P.71/Menhut-II/2009 tentang Pedoman Penyelenggaraan Hutan Kota, pemanfaatan hutan kota antara lain untuk keperluan pariwisata alam, rekreasi, olah raga, penelitian dan pengembangan, pendidikan, pelestarian plasma nutfah, dan/atau budidaya hasil hutan bukan kayu.

Untuk rencana ke depan, pembenahan hutan kota Kraksaan akan lebih dimaksimalkan. (PLH)