Dalam rangka persiapan usulan untuk Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) dan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri (CSAM) Tahun 2021, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur mengadakan asistensi pembuatan dokumen usulan yang dilaksanakan pada 20 Agustus s/d 3 September 2021 di 14 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Asistensi CSAN dan CSAM untuk Kabupaten Probolinggo dilaksanakan pada Senin (23/08/21), bersama Kota Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan sebagai peserta. Acara yang bertempat di SMPN 3 Bangil Kabupaten Pasuruan ini dihadiri oleh sekitar 30 orang peserta dari CSAN dan CSAM, didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota terkait. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam acara ini dijelaskan secara mendetail mengenai tata cara pengusulan dan penilaian calon sekolah Adiwiyata, sehingga sekolah dapat lebih mempersiapkan diri secara administratif maupun fisik dalam upaya pemenuhan kriteria Sekolah Adiwiyata.

Adapun sekolah di Kabupaten Probolinggo yang akan diusulkan sebagai CSAN Tahun 2021 yaitu 3 sekolah dari tingkat SMP, terdiri dari SMPN 1 Kraksaan, SMPN 2 Kraksaan dan SMPN 3 Gading. Sekolah yang akan diusulkan sebagai CSAM Tahun 2021 sebanyak 4 sekolah, yaitu SMPN 1 Sukapura, SMPN 1 Tongas, MTsN 1 Probolinggo, dan SMKN 1 Kraksaan.

Pengusulan CSAN dan CSAM berpedoman pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) dan Peraturan Menteri LHK Nomor P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

#Adiwiyata
#CSAN
#CSAM