Paiton 2018, Gelaran event “Sapu Pantai 2018” pada puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 Kabupaten Probolinggo yang diselenggarakan pada hari Minggu pagi tanggal 25 Pebruari 2018 di pesisir pantai atau Lapangan Tembak Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton telah membawa berkah tersendiri khususnya bagi komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo.

Komunitas Bank sampah yang selama ini telah diberikan pembinaan dari program Corporate Social Rensponsibility (CSR) perusahaan PLTU Paiton Unit 3, 7 dan 8 PT POMI – PE, pada kesempatan gelaran event ini perusahaan menyerahkan hibah atau bantuan kendaraan roda tiga sebanyak 2 Unit agar dapat dimanfaatkan untuk mendukung operasional Bank Sampah.

Pimpinan PT POMI-PE yang diwakili dari bagian CSR, Bambang Jiwantoro dengan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup pada Apel persiapan mejelang kegiatan aksi, menyampaikan bahwa perusahaan mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan aksi Sapu Pantai 2018, semoga aksi Sapu Pantai dapat menjadi langkah awal untuk dapat membentuk karakter diri untuk mencintai lingkungan, selanjutnya akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, baik pada lingkungan pantai maupun pada lingkungan atau ekosistem lainnya.

Selesai menyampaikan sambutan, pria berkumis tersebut langsung menyerahkan kendaraannya yang telah disiapkan ditempat kepada komunitas yang diwakili oleh Nurul Huda dari Bank Sampah Syariah Paiton dengan disaksikan oleh seluruh peserta.

Setelah serah terima dilangsungkan, maka sebagai penanda awal atau ritual digunakanya kendaraan bantuan tersebut, Komunitas Bank Sampah menyerahkan kendi yang berisi air kembang kepada Kepala DLH untuk disiramkan atau dipecahkan pada kendaraan. Saat itu juga 2 unit kendaraan roda tiga tersebut langsung digunakan oleh komunitas Bank sampah untuk mobilitas pengangkutan sampah yang telah terkumpul dalam trash bag untuk dipindahkan pada kendaraan truck sampah DLH.

Selamat kepada rekan-rekan Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo, semoga bermanfaat dan semakin bersemangat untuk meningkatkan kinerja dan pengabdiannya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tentunya juga tidak lupa akan perawatannya. Sekali lagi S E L A M A T dan SUKSES. (Bid. peng.Sampah 1/3/18)